Ajang Putera Puteri Wisata Indonesia merupakan ajang duta wisata berbasis budaya dan pariwisata. Ajang duta wisata diadakan pada tanggal 24-28 Maret 2021 dan grand final pada tanggal 27 Maret 2021. Ajang Putera Puteri Wisata Indonesia 2021 diikuti 96 finalis yang berasal dari beberapa daerah diseluruh Indonesia. Finalis putera yang bernama Witrapsilo perwakilan dari  D.I.Yogyakarta berhasil meraih 4th Runner Up Putera Wisata Indonesia 2021 dan Putera Wisata Ekonomi Kreatif Indonesia 2021.Witrapsilo merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Inversitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun masuk 2020. Pastinya apa yang sudah diraih oleh Witrapsilo diajang Putera Puteri Wisata Indonesia 2021, selain membawa nama Yogyakarta juga membawa nama baik Kampus UAD, sebagai tempat menimba ilmu Witrapsilo.

Pada saat dihubungi disela-sela kesibukan kuliah, Witrapsilo berbagi pengalaman tentang ajang Putera Puteri Wisata Indonesia yang diikutinya. “Motivasi saya mengikuti ajang Putera Puteri Wisata Indonesia Tahun 2021 adalah saya ingin mengembangkan potensi dan pengalaman, serta memberikan motivasi kepada pemuda pemudi di Indonesia untuk menjadi lebih baik, serta mengenalkan secara luas dunia pariwisata mulai dari D.I Yogyakarta karena saya sebagai perwakilan dari DIY dan juga pariwisata di Indonesia” Kata Witrapsilo saat dihubungi via WhatsApp, Senin (5/4/2021).

“Berdasarkan pengalaman saya, yang perlu disiapkan untuk mengikuti Putera Puteri Wisata Indonesia 2021 ialah materi, attitude dan kecerdasan sebagai kunci, agar dapat berkomunikasi dengan baik, serta juga dapat menjadi role model. Pengetahuan tidak hanya pada dunia pariwisata saja, tetapi mengenai pengetahuan sosial dan lain sebagainya. Terkait penilaian secara keseluruh, seperti deep interview dan sebagainya, ada juga penilaian seni, dimana bakat seni yang kita miliki akan diuji. Kunci untuk meraih juara dalam ajang Putera Puteri Wisata Indonesia 2021 adalah be yourself, bisa menghargai atau  menikmati setiap prosesnya, dan tetap menjaga attitude.” Kata Witrapsilo, Senin (5/4/2021).

 

By : Retno Damarina