Bantul (9/12/2019). Fakultas Hukum Univeristas Ahmad Dahlan (FH UAD) menerjunkan 86 mahasiswa untuk observasi di Pengadilan Negeri Bantul pada hari senin, 9 Desember 2019. Hal ini sebagai bagian dari implementasi Nota Kesepahaman antara FH UAD dengan PN Bantul sebelumnya. Acara penerjunan pada hari Senin, 9 Desember 2019 di PN Bantul, dari FH UAD diwakili oleh Kepala Lab Ilmu Hukum Mufti Khakim, S.H.,M.H., didampingi staf lab hukum Nurkholik S.H. Pengadilan Negeri Bantul diwakili oleh Humas dan Juga Hakim PN Bantul Koko Riyanto, S.H., M.H. Hadir perwakilan dari 5 kelompok mahasiswa yang akan melakukan observasi dalam penerjunan tersebut.

Penerjunan 86 mahasiswa FH UAD di PN Bantul merupakan bagian dari materi mata kuliah praktek Peradilan Pidana. Mahasiswa akan melakukan observasi pada proses pengadilan berlangsung selama tiga minggu. Tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa bisa melihat secara langsung proses pengadilan sehingga mereka  secara nyata mengalami penerapan teori-teori hukum pidana materiil mapun formil dilapangan ujar Mufti. Lebih lanjut dikatakan bahwa dari FH UAD memohon PN Bantul agar bisa menugaskan beberapa hakim sebagai pembimbing dalam kegiatan ini, sehingga nantinya kalau ada kesulitan atau ketidak pahaman mahasiswa tentang proses beracara dipengadilan bisa diberikan penjelasan secara langsung. Akhir kegiatan observasi para pembimbing juga dimohonkan bisa memberikan penilaian terhadap mahasiswa yang melakukan observasi.

Koko selaku Humas dan juga salah satu hakim pembimbing dengan senang hati akan memberikan bimbingan kepada mahasiswa FH UAD. PN Bantul dalam rangka peningkatan pelayanan dan zona integritas berharap agar para mahasiswa dan kalangan kampus bisa memberikan masukan pada PN Bantul sehingga bisa optimal dalam memberikan pelayanan pada masyarakat pencari keadilan. Menurut Koko dinyatakan bahwa PN Bantul menunjuk 3 orang hakim sebagai pembimbing para mahasiswa untuk melakukan observasi. Pada prinsipinya PN Bantul akan membantu seoptimal mungkin para mahasiswa FH UAD yang akan melakukan observasi. (uk)