Yogyakarta (10/12/2019) – Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (FH UAD) melaksanakan kegiatan “Study Lapangan” pada Mata Kuliah Politik Ketatanegaraan dengan Bapak Ilham Yuli Isdiyanto, S.H. M.H selaku Dosen Pengampu. Study Lapangan kali ini dilaksanakan di Gedung DPD RI D.I Yogyakarta bersama dengan Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga pada hari selasa, 10 Desember 2019. Kegiatan ini  bertema “Peran dan Fungsi DPD RI Dalam Sistem Ketatanegaraan Negara Republik Indonesia” Kegiatan ini bertujuan supaya Mahasiswa lebih mahir mengimplementasikan Teori yang diberikan ketika didalam kelas dengan Terjun langsung mengenal bagaimana Kinerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang dipaparkan oleh pihak DPD D.I Yogyakarta.

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 09:00-11:30  WIB, Rangkaian Kegiatan ini dimulai dengan Pembukaan, Do’a, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Sambutan dan Penyerahan Mahasiswa peserta kuliah lapangan, kemudian sambutan oleh perwakilan DPD RI sekaligus penyampaian Materi Perkuliahan. Sambutan yang pertama oleh Ibu Dr.Hj Siti Fatimah, S.H. M.Hum selaku dosen pengampu Hukum Tata Negara Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Selanjutnya adalah Sambutan dari Ibu Nilam Putri Dewanti.

Kemudian acara selanjutnya yaitu Penyampaian Materi kuliah oleh Bapak M.Wajdi Rahman, S.IP, M.Si. selaku Staf Ahli Anggota DPD RI. Bapak M.Wajdi Rahman, S.IP, M.Si menyampaikan materi tentang Kinerja DPD RI, Pengenalan DPD dan DPR kepada mahasiswa, serta Peran Strategis yang diharapkan dari DPD.

Saat dibuka nya sesi tanya jawab juga penyampaian pendapat oleh perwakilan mahasiswa, Faridahtul Hasanah (semester 5) dan Muhammad Zuhri Fadli (semester 3) mengajukan pertanyaan “ terkait dengan 4 orang jumlah anggota DPD perprovinsi, menurut Farida belum menyeluruh untuk mengawasi. Apakah dengan 4 anggota ini dapat bekerja maksimal terhadap kabupaten/kota di yogyakarta? Selanjutnya bagaimana dengan anggota DPD yang tidak terikat partai politik? “ dan pertanyaan dari Fadli yaitu “Apa solusi dari DPD atas problematika kekeringan yang terjadi di wilayah desa?”.

Penjelasan jawaban dari pertanyaan mahasiswa dan seluruh tanggapan dari bapak Wajdi sangat jelas dan memberi wawasan kepada pendengar, sehingga Study Lapangan tersebut sangat menambah Ilmu dan Pengetahuan terkait DPD RI. (DL)