YOGYAKARTA- Program kampus mengajar merupakan suatu program yang di selenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang mana pendaftarannya dibuka pada tanggal 9 Februari hingga 21 Februari 2021. Sedangkan pelaksanaan gelombang pertaman program kampus mengajar dimulai pada tanggal 22 Maret hingga 25 Juni 2021. Program kampus mengajar ini merupakan bagian dari kampus merdeka yang konsepnya  melibatkan seluruh mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang telah lolos tahap seleksi untuk berlatih menjadi guru dan mengajar siswa-siswi sekolah Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah 3T yakni terdepan, tertinggal dan terluar.

Mahasiswa yang ikut program tersebut akan mendapatkan sejumlah manfaat, yaitu uang saku Rp 700.000 per bulan dan potongan UKT (Uang Kuliah Tunggal/SPP) maksimal Rp 2,4 juta sebanyak satu kali. Selain sejumlah dana, insentif lain yang bakal diterima oleh mahasiswa dalam program tersebut adalah konversi SKS untuk memenuhi syarat menyelesaikan gelar sarjana sebesar 12 SKS serta Sertifikat Peserta Program Kampus Mengajar. Tujuan dari adanya program kampus mengajar ini yakni guna memperbaiki perkembanganmutu pendidikan di indonesia yang selama pandemi Covid-19 ini turut terhambat dalam pengembangan kemajuannya. Selain itu, untuk mengasah kepemimpinan, kematangan emosional dan kepekaan sosial mahasiswa yang menginguti program tersebut.

Terdapat 4 (empat) mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan yang berhasil lolos tahap selaksi untuk mengikuti program kampus mengajar ini. Mahasiswa tersebut yaitu Muhammad Azyadi (Semester 8) yang dalam program kampus mengajar ini di tempatkan di SD Negeri 21 Krui, Pesisir Barat, Lampung, Pranaldo Gunawan (Semester 6) yang dimana dalam program kampus mengajar ini di tempatkan di SD Negeri 1 Bahway, Lampung Barat, Lampung, Rahma Sulastri (Semester 6) yang dimana dalam program kampus mengajar ini ditempatkan di SD Negeri Tubang Labehu, Katingan, Kalteng, Melita Wahyuningtias (Semester 6) yang dimana dalam program kampus mengajar ini di tempatkan di SD Negeri 3 Salamerta, Purbalingga, Jawa Tengah.

“Saya pribadi sangat bersyukur, dan tidak pernah menyangka ada dalam bagian 14.000an mahasiswa yang ikut program ini, saya juga sangat senang setidaknya bisa sedikit berbagi pengetahuan, pengalaman dan lain sebagainya, dengan adik-adik kita yang berada di daerah 3T. pada intinya saya cukup bangga bisa memperkenalkan nama UAD di lingkungan tempat SD penempatan. Serta yang terpenting kita bisa melatih softskill kita sebagai mahasiswa dan juga kita bisa melihat dan ikut memikirkan apa aja kekurangan dalam proses pembelajaran adik-adik kita di daerah 3T” (1/4/2021) kata Pranaldo Gunawan salah satu Mahasiswa FH UAD yang berkesempatan mengikuti program kampus mengajar.

 

oleh : Danang